dalam hal ini ada 4 area yaitu : Human Capital, Finansial, Operation dan Technology
Bagian ke-1 bidang SDM (human capital):
ini adalah contoh-contoh sistem yang bisa diterapkan dalam
bidang SDM (human capital):
1. 1. Kembangkan sebuah sistem untuk
resolusi konflik
Hal ini akan terjadi, baik Anda suka atau tidak,
pastikan semua orang tahu cara penyelesiannya
2. 2. Jalankan Pelatihan Manajemen WaktuOrang dapat menggandakan hasil
mereka dengan waktu yang lebih sedikit, jika mereka tahu cara mengatur waktu
mereka.
3. Tetapkan Visi Perusahaan dan
Tuliskan Pernyataan Misi AndaLibatkan
tim Anda pada arah tujuan Anda dan berikan mereka sesuatu untuk dipertanggung
jawabkan
4. Adakan
Pertemuan Team Secara Teratur
Komunikasi
adalah suatu keharusan, jika Anda ingin memiliki tim yang berperforma tinggi
5. Buat Aturan Main Di perusahaan Anda Bagaimana seharusnyaborang bertingkah laku di dalam bisnis
Anda, apa standar-standar Anda, dan bagaimana semuanya berjalan?
6. Kembangkan Sebuah Sistem Penghargaan dan Remunerasi Pastikan orang-orang anda tahu, bahwa
mereka berharga, pastikan mereka memiliki sesuatu untuk diperjuangkan
7. Jalankan Berbagai Program Pelatihan Untuk Membangun Team Semakin orang-orang mengenal satu
sama lain, semakin mereka akan saling membantu, satukan meeka dan fokus
8. Jalankan Sebuah Sistem Pelatihan yang Berkelanjutan.
Jaga orang-orang Anda untuk tetap bertumbuh dan terus maju, ini adalah cara yang
terbaik untuk memastikan mereka tetap membuat perusahaan bertumbuh
9. Miliki Sisteam yang Redundansi Dengan cara ini sistem dipasang sekali untuk selamanya dan berlaku
untuk setiap orang
10. Kembangkan Rencana Persiapan Penempatan Karyawan. Terutama untuk para pekerja senior.
Pastikan anda secepatnya melatih orang yang nanti dapat menggantikan mereka
11. Buat Sisteam Perekrutan Yang Konsisten Dengan cara ini, baik Anda maupun tim anda dapat selalu
merekrut orang-orang yang bagus
12. Buat Sebuah Klub Sosial untuk Team Buat orang-orang bermain bersama dan Anda akan terkejut
dngan seberapa lebih baik mereka dapat bekerja sama
13. Kembangkan Sebuah Program Pelatihan Induksi Buat orang merasa nyaman dengan perusahaan
secepatnya
14. Berlangganan Newsletter, Majalah dll yang bersifat mendidik. Semakin Anda dan tim anda belajar,
semakin mudah pekerjaan Anda jadinya
15. Buat Berbagai Manual Panduan Untuk Berbagai Posisi. Jangan hanya mengandalkan orang-orang yang
anda miliki saat ini, beberapa dari mereka pada akhirnya akan keluar, tuliskan bagaimana segalanya
dilakukan, agar anda dapat dengan mudah melatih orang berikutnya
16. Gunakan Analisa Perilaku, Kepribadaian dan Komunikasi kepada Seluruh Anggota Team
Dengan cara ini mereka akan memahami diri mereka dan Anda juga mengetahui posisi yang
paling sesuai untuk mereka
17. Tetapkan
Goal Perusahaan dan Goal masing-masing anggota Team
Berikanlah
orang-orang arah, fokus dan keinginan untuk mencapai sesuatu
18. Buat Kontrak Posisi Anggota Team Semakin jelas seseorang akan hal yang seharusnya mereka
lakukan, maka akan semakin baik mereka melakukan pekerjaannya
19. Buatlah Perencanaan Jenjang Karir di dalam Perusahaan Pastikan
orang-orang dapat melihat arah tujuan mereka, dan bagaimana mereka dapat
berkembang di dalam perusahaan
20. Selesaikan Berbagai Sesi Pelatihan Keahlian Dasar Team Jika mereka
percaya diri dengan pekerjaan mereka, mereka akan mencapai lebih banyak dengan
sendirinya
Bagian 2.Finansial
Pada bagian ke-2 ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk melakukan Leverage dalam area Finansial dan Pengukuran Produktivitas : 1. Buat Laporan Neraca Keuangan Ketahui nilai Anda dan apakah gambarannya menjadi lebih baik atau buruk setiap bulan 2. Catat Jumlah Transaksi Setiap Pelanggan Jika mereka kembali, maka hal ini adalah sesuatu yang baik sekali untuk diketahui dan diukur 3. Lakukan Pengecekan Stok Secara Berkala Sebagai seorang akuntan anda harus memastikan bahwa angka-angkanya selalu akurat 4. Buat System Kas Kecil Anda tidak harus selalu menulis cek untuk segalanya tetapi pastikan tetap ada kwitansinya 5. Ukur rata-rata Penjualan Untuk Setiap Anggota Team Ketahui siapa yang menghasilkan uang dan siapa yang perlu diberi pelatihan 6. Ukur Key Performance Indicator di Semua Area Perusahaan Anda tidak bisa mengelola hal yang tidak Anda ukur. Pastikan semua orang mengukur KPI mereka. 7. Milikilah Sebuah Sistem Untuk Gaji dan Pensiun Sebenarnya hal ini tidak perlu memakan waktu Anda terlalu lama, bila Anda mengikuti sebuah sistem yang sederhana dan mudah digunakan atau bahkan, alihdayakan / outsource fungsi ini 8. Ukur Convertion Rate Setiap Sales Maka Anda akan tahu dimana mereka harus memperbaiki diri, dan Anda tahu persisi performa mereka 9. Selalu Buat Sebuah Analisa Profit Kampanye Marketing Ketahui dimana Anda menghasilkan uang dan dimana Anda kehilangan uang 10. Update Laporan Arus Kas Secara Harian atau Mingguan Arus kas adalah yang biasanya membunuh bisnis demi bisnis, ketahui kemana mengalirnya arus kas anda seteratur mungkin 12. Buat Pendataan Aset Termasuk Depresiasinya Ketahui yang anda miliki, nomor serial dan semuanya, dan yang terpenting Anda tahu berapa nilainya 13. Buat Sebuah Sistem Purchasing Untuk Semua Pembelian Jangan biarkan seorangpun mengeluarkan uang hingga mereka mendapatkan purchased order yang disetujui buat sebuah sistem yang sederhana untuk ini. 14. Miliki Sistem Perbankan Harian Pastikan uang Anda masuk ke bank dengan ketepatan 100%, secepatnya 15. Buat Rekonsiliasi Bank Mingguan Ketahui, apakah Anda sudah benar dengan akunting Anda dan apakah Bank melakukan pekerjaannya dengan baik 16. Selesaikan Semua Pengembalian Pemerintah yang Rutin Tidak ada yang memukul lebih keras daripada pengembalian pemerintah yang tidak tercatat tepat waktu, pastikan baik anda atau akuntan mengikuti hal ini 17. Bekerja dengan Akuntan Luar untuk Perencanaan Pajak Seorang akuntan yang baik tidak akan pernah membuat anda kehilangan uang, mereka menghematnya untuk Anda. Pastikan anda bekerja dengan seorang yang handal 18. Buat Sebuah Pencatatan Profit Marjin Anda Ketahui produk dan jasa Anda yang memiliki marjin yang besar, dan fokuslah pada mereka.Ini bukan sekedar penjualan, melainkan juga profit 19. Monitor Selalu Kontrol Kredit dan Usia dari Akun Anda Anda bukan orang bank, jadi jangan meminjami uang kepada orang-orang. Berikan mereka insentif untuk pembayaran lebih awal 20. Buat dan Tetap Berpegang pada Anggaran Bulanan dan Tahunan Arus kas adalah yang biasanya membunuh bisnis demi bisnis, ketahui kemana mengalirnya arus kas anda seteratur mungkin Shorten with adf.ly! |
| |||
Aspek ke -3 : operation / delivery
1. Selesaikan Stok Opname Rutin Pastikan anda tahu apa yang anda miliki dan pastikan untuk menggunakan informasi itu dengan bijak 2. Perkirakan Pergerakan Stok Sehingga anda selalu tahu apa yang harus dipesan, kapan memesannya dan uang apa yang harus dibelanjakan 3. Sederhanakan Pesanan Anda Proses Pick Up dan Packing Jika menyimpan dan mendistribusikan stok memakan waktu yang lebih sedikit, maka anda akan menghemat banyak uang 4. Buat Sebuah Sistem Pembelian dan penerimaan Stok Pastikan Anda hanya memesak yang dibutuhkan, membayar harga yang pantas, dan pastikan anda mendapatkan barang yang anda bayarkan 5. Sistem Manajemen Untuk Kargo, Kurir dan Kendaraan. Menerapkan ini sejak pertama, tepat waktu menghemat banyak waktu dan uang semua orang 6. Ukur Kualitas dan Profesionalisme dari penyampaian Layanan Semakin Anda mengukurnya, semakin baik, ini adalah langkah sederhana 7. Alihdayakan (outsource) dukungan Logistik dan Pergudangan Perusahaan-perusahaan spesialis seringkali lebih baik dibandingkan Anda dalam hal pergudangan dan distribusi 8. Berikan Pelayanan Anda dengan Konsistensi dan Sistematik Jika ada sebuah cara yang dapat selalu memberikan pelayanan yang baik selesai, maka pastikan semua menggunakannya 9. Ukur dan Gunakan Level Pemesanan Kembali Jangan pernah memesan sebelum waktunya dan jangan pernah kehabisan stok 10. Buat Daftar Staf untuk penyampaian Layanan Ketahui waktu-waktu sibuk Anda dan tempatkan tim anda berdasarkan itu 11. Konfirmasikan Berbagai Detil sebelum pengiriman produk atau penyampaian data. Harus merevisi atau mengirim ulang pesanan tentunya adalah cara tercepat untuk membuat anda bangkrut. 12. Tindak Lanjuti dan Ukur Kualitas dan waktu pengiriman Pelanggan Anda senang dengan pengiriman yang tepat waktu dan berkualitas, jadi pastikan mereka mendapatkannya 13. Organisir Kembali Stok Berdasarkan Perputaran yang tercepat Buatlah mudah bagi anda, semua yang terual banyak harus mudah diperoleh 14. Alihadayakan Outsource Semua Pengiriman Pembelian. Berhenti membayar untuk mobil-mobil van pengiriman dan hal-hal yang tidak anda butuhkan, gunakan perusahaan spesialis untuk mengurusnya untuk anda 15. Gunakan Sistem Pengiriman “Just In Time†Sebuah sistem yang memastikan anda tidak hanya mendapatkan stok yang dibutuhkan, tetapi juga memperolehnya tepat sebelum stok dibutuhkan 16. Ganti Kemasan Produk Untuk Pengiriman yang Lebih Aman Jika anda menemukan barang-barang yang rusakm mungkin akan lebih murah untuk melakukan pengemasan kembali 17. Jalankan Sistem NirKertas Jika anda dapat melakukannya lewat komputer sehingga tidak harus mengurusi dokumen - dokumen rangkap tiga dst, anda akan menghemat banyak waktu 18. Gunakan Sisteam Pelacak Pesanan Pastikan setiap pemensanan dapat dilacak, jadi jika terjadi kehilangan anda dapat mulai menelusurinya 19. Kuantifikasikan Biaya Pengiriman Produk atau Jasa Ketahui berapa pengeluaran anda agar anda dapat mencari cara untuk perbaikan dan sistematisasi 20. Tingkatkan Keamanan Kerusakan dan kehilangan stok tidak pernah menjadi sebuah fokus, tetapi anda harus memastikan ini tidak terjadi
Bagian ke 4 adalah Leverage Menggunakan Technology
1. Gunakan Berbagai Program Komputer yang Terkini : Cara ini memudahkan semua orang untuk menggunakan program tersebut, ada berbagai pelatihan yang bagus dan orang-orang baru sebaiknya mengenal program- program tersebut juga. 2. Dokumentasikan dan Gambarkan Semua Tugas di Dalam Sebuah Manual Panduan Apa yang perlu diselesaikan, kapan perlu diselesaikan, siapa yang harus melakukannya, apa standarnya dan bagaimana mengukur hasilnya. 3. Buat Jadwal dan Lakukan Perawatan Teratur pada Semua Pelanggan Daripada menunggu hingga mesin-mesin Anda rusak, servislah disaat kebutuhan masih rendah. 4. Upgrade Perlengkapan Kantor Secara Teratur Jika hal ini akan mendukung produktivitas, maka anda akan menghemat dan bukannya mengeluarkan biaya. 5. Buat Manual Untuk Berbagai Kebijakan dan Prosedur Apabila semua dituliskan, maka penduplikasikan adalah sebuah langkah yang mudah, dan Anda akan bergantung pada sistem bukan orang. 6. Lakukan Otomisasi dan Upgrade Mesin-mesin Jika hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih baik dan cepat, maka kemungkinan ini akan jadi lebih murah dan dapat lebih diandalkan untuk jangka panjang. 7. Dokumentasikan dan Petakan Semua Proses Alur Kerja Anda harus tahu, apa mengikuti apa, dan kemana semua seharusnya pergi selanjutnya, dengan begini akan menjadi mudah untuk menulis panduan "How to.." 8. Jalankan Sistem Backup Komputer Hemat segudang waktu apabila sesuatu yang buruk terjadi dengan komputer-komputer anda. 9. Gunakan Daftar Nama dan Jadwal untuk Tugas-tugas Repetitif. Fokus pada penyelesaian tugas rutin dengan lancar dan setelah itu Anda dapat fokus dengan pelanggan. 10. Dokumentasikan Semua Sistem Akutansi Lebih baik memiliki sebuah sistem dengan seseorang yang tidak ahli dibandingkan memiliki seseorang yang ahli, namun bisa pergi kapan saja. 11. Buat Pelatihan Sistem dan Program Kerja Induksi Melatih cara menggunakan sistem yang baik memakan waktu sekitar sepersepuluh waktu yang diperlukan untuk mengajar orang melakukan suatu pekerjaan 12. Laksanakan dan Perbaharui Kontrol/Jaminan Kualitas Secara Teratur Setidaknya sekarang Anda telah menuliskan semuanya diatas kertas, sekarang tinggal masalah menjalankannya. 13. Jalankan email Internal dan External Selama orang-orang tidak menjadi gila, hal ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga 14. Jalankan Sistem Kontrol Stok yang Terkomputerisasi. Jangan biarkan begitu saja, dengan 1 komputer anda bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh 5 atau 6 orang 15. Koneksikan Semua Komputer Untuk Memudahkan Akses File sharing, printer sharing, dan menjalankan sebuah sistem yang terkoneksi artinya anda cukup melakukan perubahan sekali 16. Dokumentasikan Semua Sistem Penjualan dan Pemasaran Jika sistem itu bekerja, maka sistem tersebut addalah sebuah sistem yang ingin anda gunakan hingga seterusnya. 17. Gunakan Komputer Untuk Penagihan dan Pemantauan Kredit Hematlah waktu dan uang anda, pastikan semuanya dilakukan secara konsisten 18. Selesaikan Upgrade Berbagai Sistem Telephon dan Fax Teknologi menghemat waktu kita begitu banyak, bila kita menggunakannya dengan baik 19. Dokumentasikan Proses Alur Kerja Informasi Selama informasi sudah ada diatas kertas, biasanya informasi tersebut harus pergi ke suatu tempat dan seseorang perlu melakukan sesuatu terhadapnya. Tuliskan kemana setiap lembar kertas harus pergi, maka setiap orang dapat mengurusnya. 20. Gunakan Program Database Komputer yang Didesain Untuk Suatu Tujuan Kelola pelanggan anda, pola beli mereka dan bisnis anda melalui komputer anda |
Teguh Wibawanto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar