Sabtu, 13 September 2014

Rumah Kos di Gang Income Lumayan !

Bisnis Rumah kos memang masih merupakan  jenis usaha yang relatif aman
di dunia investasi khususnya bidang property
Ketika akan memulai usaha ini banyak pertimbangan yang saya fikirkan,
Kalo dibelikan tanah mungkin bisa dapat yang agak besar namun waktunya lama lagi untuk mendapatkan hasil lagi pula masih terkendala oleh biaya buat ngebangun.
Kalo dibelikan rumah di Komplek perumahan itu sudah saya alami, Nilai Capital Gainnya memang cukup lumayan,pengalaman membuktikan saya bisa dapat keuntungan 5x lipat dari harga pembelian untuk jangka waktu 10 tahunan, akan tetapi nilai Passive incomenya sangat berbeda dengan Rumah Kost.

Pencarian pun dimulai, dapatlah incaran tanah yang luasnya  280 m2,lumayan luas untuk ukuran peruntukan rumah kontrakan atau kosan dan lokasinyapun tidak begitu jauh dari tempat tinggal .
harga hampir deal hanya selisih 10 juta namun pemilik tanah bertahan sehingga sayapun bertahan.
Pencarian berikut ada rumah tua luasnya juga bagus 220 meteran, harga masuk sesuai budget,
sesuai teori2 yang saya dapat mulungan dari internet,bagaimana teknik menawar saya coba praktekin
tidak menawar harga pada saat kunjungan pertama, karena saya perhatikan memang pemilik keliatan nya lagi butuh dana mau bagi waris.
hari berikutnya saya di telpon mulai saya tawar sekenanya, biasa ga di kasih, beberapa hari kemudian ditelpon lagi bahwa pemlik setuju dg tawaran harga saya, he he... dikasih malah bingung!
waduh perbaikannnya banyak sekali .. sedangkan dana terbatas, karena keputusan saya belum bulat ahirnya saya mundur .
Akhirnya saya putuskan untuk mencari lahan property yang mempunyai Passive income lebih Tinggi dari pada hanya sekedar rumah tinggal di perumahan.
Bila dibelikan Rumah Kos yang ideal masuk mobil untuk standard di lingkungan area kampus yang sudah jadi,wow pasti ga cukup.
Setelah cari2 lagi dapatlah saya di kawasan kampus yang cukup rame, dg berbagai jurusan sehingga tempat tinggal penduduk sekitar banyak yang dibuat menjadi Kos2an.
Luas tanah tidak besar tapi bangunan sudah siap ada 8 kamar, sulap sana sulap sini, mulai saya promosikan dan datanglah joki makelar yang siap bawa mahasisawa yang akan kos, tentunya saya harus kasi fee yg besarnya juga perkamar, dg biaya kos 3.5jt/th
perkamar walhasil jadi harga serimah 28 jt/th- kondisi kosong !, jreng... !!
kalo sewanya perbulan yang rata2 350 ribu/ bulan tentunya hasilnya bakal berbeda lebih besar lagi.

Awalnya juga sama dengan kebanyakan orang mau cari rumah harus masuk mobil, tapi untuk peruntukan rumah kos tidak semua mahasiswa perlu mobil buat ke kampus, hanya motor juga sudah cukup buat mobilitas, dan ternyata memang pasar ini juga ada! 
alhamdulillah usaha sudah di mulai dan tahun ini semua sudah wisuda jadi kosong dulu..
sambil perbaikan kecil dan cat ulang sana sini.
Namun tahun ini saya berencana untuk pindah quadrant akan fokus ke arah developer gabung dg teman untuk bangun perumahan .
 karena itu dengan teramat sayang bila tidak ada alternatif lain saya harus melepas rumah kos ini....  
tapi apa boleh bulat daripada bundar. he he..

by: Haris 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar