Senin, 03 Juni 2013

Bagaimana caranya agar bisnis Anda terus tumbuh dan berkelanjutan ?

Salah satu cara membuat bisnis mudah dijalankan adalah dengan membuat sistem.
dalam hal ini ada 4 area yaitu : Human Capital, Finansial, Operation dan Technology

Bagian ke-1  bidang SDM (human capital):
ini adalah contoh-contoh sistem yang bisa diterapkan dalam
bidang SDM (human capital):
1.      1. Kembangkan sebuah sistem untuk
resolusi konflik
Hal ini akan terjadi, baik Anda suka atau tidak,
pastikan semua orang tahu cara penyelesiannya
2.      2. Jalankan Pelatihan Manajemen WaktuOrang dapat menggandakan hasil
mereka dengan waktu yang lebih sedikit, jika  mereka tahu cara mengatur waktu
mereka.
3. Tetapkan Visi Perusahaan dan
Tuliskan Pernyataan Misi AndaLibatkan
tim Anda pada arah tujuan Anda dan berikan mereka sesuatu untuk dipertanggung
jawabkan
  4. Adakan
Pertemuan Team Secara Teratur
Komunikasi
adalah suatu keharusan, jika Anda ingin memiliki tim yang berperforma tinggi
5. Buat Aturan Main Di perusahaan Anda Bagaimana seharusnyaborang bertingkah laku di dalam bisnis
   Anda, apa standar-standar Anda, dan bagaimana semuanya berjalan?
6. Kembangkan Sebuah Sistem Penghargaan dan Remunerasi Pastikan orang-orang anda tahu, bahwa
    mereka berharga, pastikan mereka memiliki sesuatu untuk diperjuangkan
  7. Jalankan Berbagai Program Pelatihan Untuk Membangun Team Semakin orang-orang mengenal satu
    sama lain, semakin mereka akan saling membantu, satukan meeka dan fokus
8. Jalankan Sebuah Sistem Pelatihan yang Berkelanjutan.
    Jaga orang-orang Anda untuk tetap bertumbuh dan terus maju, ini adalah cara yang
     terbaik untuk memastikan mereka tetap membuat perusahaan bertumbuh
  9. Miliki Sisteam yang Redundansi Dengan cara ini sistem dipasang sekali untuk selamanya dan berlaku
       untuk setiap orang
  10. Kembangkan Rencana Persiapan Penempatan Karyawan. Terutama untuk para pekerja senior.
        Pastikan anda secepatnya melatih orang yang nanti dapat menggantikan mereka
  11. Buat Sisteam Perekrutan Yang Konsisten Dengan cara ini, baik Anda maupun tim anda dapat selalu
        merekrut orang-orang yang bagus

12. Buat Sebuah Klub Sosial untuk Team Buat orang-orang bermain bersama dan Anda akan terkejut
      dngan  seberapa lebih baik mereka dapat bekerja sama

13. Kembangkan Sebuah Program Pelatihan Induksi Buat orang merasa nyaman dengan perusahaan
       secepatnya

14. Berlangganan Newsletter, Majalah dll yang bersifat mendidik. Semakin Anda dan tim anda belajar,
      semakin mudah pekerjaan Anda jadinya

15. Buat Berbagai Manual Panduan Untuk Berbagai Posisi. Jangan hanya mengandalkan orang-orang yang
      anda miliki saat ini, beberapa dari mereka pada akhirnya akan keluar, tuliskan bagaimana segalanya
     dilakukan, agar anda dapat dengan mudah melatih orang berikutnya

16. Gunakan Analisa Perilaku, Kepribadaian dan Komunikasi kepada Seluruh Anggota Team
     Dengan cara ini mereka akan memahami diri mereka dan Anda juga mengetahui posisi yang
      paling sesuai untuk mereka

17. Tetapkan
Goal Perusahaan dan Goal masing-masing anggota Team
Berikanlah
orang-orang arah, fokus dan keinginan untuk mencapai sesuatu

18. Buat Kontrak Posisi Anggota Team Semakin jelas seseorang akan hal yang seharusnya mereka
      lakukan, maka akan semakin baik mereka melakukan pekerjaannya

19. Buatlah Perencanaan Jenjang Karir di dalam Perusahaan Pastikan
      orang-orang dapat melihat arah tujuan mereka, dan bagaimana mereka dapat
      berkembang di dalam perusahaan

20. Selesaikan Berbagai Sesi Pelatihan Keahlian Dasar Team Jika mereka
      percaya diri dengan pekerjaan mereka, mereka akan mencapai lebih banyak dengan
     sendirinya
Bagian 2.Finansial
Pada bagian ke-2 ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk melakukan
Leverage dalam area Finansial dan Pengukuran Produktivitas :

1. Buat Laporan Neraca Keuangan
Ketahui nilai Anda dan apakah gambarannya menjadi lebih baik atau buruk setiap
bulan

2. Catat Jumlah Transaksi Setiap Pelanggan
Jika mereka kembali, maka hal ini adalah sesuatu yang baik sekali untuk
diketahui dan diukur

3. Lakukan Pengecekan Stok Secara Berkala
Sebagai seorang akuntan anda harus memastikan bahwa angka-angkanya selalu akurat

4. Buat System Kas Kecil
Anda tidak harus selalu menulis cek untuk segalanya tetapi pastikan tetap ada
kwitansinya

5. Ukur rata-rata Penjualan Untuk Setiap Anggota Team
Ketahui siapa yang menghasilkan uang dan  siapa yang perlu diberi pelatihan

6. Ukur Key Performance Indicator di Semua Area Perusahaan
Anda tidak bisa mengelola hal yang tidak Anda ukur. Pastikan semua orang
mengukur KPI mereka.

7. Milikilah Sebuah Sistem Untuk Gaji dan Pensiun
Sebenarnya hal ini tidak perlu memakan waktu Anda terlalu lama, bila Anda
mengikuti sebuah sistem yang sederhana dan mudah digunakan atau bahkan,
alihdayakan / outsource fungsi ini

8. Ukur Convertion Rate Setiap Sales
Maka Anda akan tahu dimana mereka harus memperbaiki diri, dan Anda tahu persisi
performa mereka

9. Selalu Buat Sebuah Analisa Profit Kampanye Marketing
Ketahui dimana Anda menghasilkan uang dan dimana Anda kehilangan uang

10. Update Laporan Arus Kas Secara Harian atau Mingguan
Arus kas adalah yang biasanya membunuh bisnis demi bisnis, ketahui kemana
mengalirnya arus kas anda seteratur mungkin

12. Buat Pendataan Aset Termasuk Depresiasinya
Ketahui yang anda miliki, nomor serial dan semuanya, dan yang terpenting Anda
tahu berapa nilainya

13. Buat Sebuah Sistem Purchasing Untuk Semua Pembelian
Jangan biarkan seorangpun mengeluarkan uang hingga mereka mendapatkan purchased
order yang disetujui buat sebuah sistem yang sederhana untuk ini.

14.  Miliki Sistem Perbankan Harian
Pastikan uang Anda masuk ke bank dengan ketepatan 100%, secepatnya


15. Buat Rekonsiliasi Bank Mingguan
Ketahui, apakah Anda sudah benar dengan akunting Anda dan apakah Bank melakukan
pekerjaannya dengan baik

16. Selesaikan Semua Pengembalian Pemerintah yang Rutin
Tidak ada yang memukul lebih keras daripada pengembalian pemerintah yang tidak
tercatat tepat waktu, pastikan baik anda atau akuntan mengikuti hal ini


17. Bekerja dengan Akuntan Luar untuk Perencanaan Pajak
Seorang akuntan yang baik tidak akan pernah membuat anda kehilangan uang, mereka
menghematnya untuk Anda. Pastikan anda bekerja dengan seorang yang handal

18. Buat Sebuah Pencatatan Profit Marjin  Anda
Ketahui produk dan jasa Anda yang memiliki marjin yang besar, dan fokuslah pada
mereka.Ini bukan sekedar penjualan, melainkan juga profit

19. Monitor Selalu Kontrol Kredit dan Usia dari Akun Anda
Anda bukan orang bank, jadi jangan meminjami uang kepada orang-orang. Berikan
mereka insentif untuk pembayaran lebih awal

20. Buat dan Tetap Berpegang pada Anggaran Bulanan dan Tahunan
Arus kas adalah yang biasanya membunuh bisnis demi bisnis, ketahui  kemana
mengalirnya arus kas anda seteratur mungkin

   Shorten with adf.ly!

Bagian 3 Operation Delivery
Aspek ke -3 : operation / delivery
1. Selesaikan Stok Opname Rutin
Pastikan anda tahu apa yang anda miliki dan pastikan untuk menggunakan informasi
itu dengan bijak

2. Perkirakan Pergerakan Stok
Sehingga anda selalu tahu apa yang harus dipesan, kapan memesannya dan uang apa
yang harus dibelanjakan

3. Sederhanakan Pesanan Anda Proses Pick Up dan Packing
Jika menyimpan dan mendistribusikan stok memakan waktu yang lebih sedikit, maka
anda akan menghemat banyak uang

4. Buat Sebuah Sistem Pembelian dan penerimaan Stok
Pastikan Anda hanya memesak yang dibutuhkan, membayar harga yang pantas, dan
pastikan anda mendapatkan barang yang anda bayarkan

5. Sistem Manajemen Untuk Kargo, Kurir dan Kendaraan.
Menerapkan ini sejak pertama, tepat waktu menghemat banyak waktu dan uang semua
orang

6. Ukur Kualitas dan Profesionalisme dari penyampaian Layanan
Semakin Anda mengukurnya, semakin baik, ini adalah langkah sederhana

7. Alihdayakan (outsource) dukungan Logistik dan Pergudangan
Perusahaan-perusahaan spesialis seringkali lebih baik dibandingkan Anda dalam
hal pergudangan dan distribusi

8. Berikan Pelayanan Anda dengan Konsistensi dan Sistematik
Jika ada sebuah cara yang dapat selalu memberikan pelayanan yang baik selesai,
maka pastikan semua menggunakannya

9. Ukur dan Gunakan Level Pemesanan Kembali
Jangan pernah memesan sebelum waktunya dan jangan pernah kehabisan stok

10. Buat Daftar Staf untuk penyampaian Layanan
Ketahui waktu-waktu sibuk Anda dan tempatkan tim anda berdasarkan itu

11. Konfirmasikan Berbagai Detil sebelum pengiriman produk atau penyampaian
data.
Harus merevisi atau mengirim ulang pesanan tentunya adalah cara tercepat untuk
membuat anda bangkrut.

12. Tindak Lanjuti dan Ukur Kualitas dan waktu pengiriman
Pelanggan Anda senang dengan pengiriman yang tepat waktu dan berkualitas, jadi
pastikan mereka mendapatkannya

13. Organisir Kembali Stok Berdasarkan Perputaran yang tercepat
Buatlah mudah bagi anda, semua yang terual banyak harus mudah diperoleh

14. Alihadayakan Outsource Semua Pengiriman Pembelian.
Berhenti membayar untuk mobil-mobil van pengiriman dan hal-hal yang tidak anda
butuhkan,  gunakan  perusahaan spesialis untuk mengurusnya untuk anda


15. Gunakan Sistem Pengiriman “Just In Time”
Sebuah sistem yang memastikan anda tidak hanya mendapatkan stok yang dibutuhkan,
tetapi juga memperolehnya tepat sebelum stok dibutuhkan

16. Ganti Kemasan Produk Untuk Pengiriman yang Lebih Aman
Jika anda menemukan barang-barang yang rusakm mungkin akan lebih murah untuk
melakukan pengemasan kembali

17. Jalankan Sistem NirKertas
Jika anda dapat melakukannya lewat komputer sehingga tidak harus mengurusi
dokumen - dokumen rangkap tiga dst, anda akan menghemat banyak waktu

18. Gunakan Sisteam Pelacak Pesanan
Pastikan setiap pemensanan dapat dilacak, jadi jika terjadi kehilangan anda
dapat mulai menelusurinya

19. Kuantifikasikan Biaya Pengiriman Produk atau Jasa
Ketahui berapa pengeluaran anda agar anda dapat mencari cara untuk perbaikan dan
sistematisasi

20. Tingkatkan Keamanan
Kerusakan dan kehilangan stok tidak pernah menjadi sebuah fokus, tetapi anda
harus memastikan ini tidak terjadi
Bagian ke 4 adalah Leverage Menggunakan Technology

1. Gunakan Berbagai Program Komputer yang Terkini :
Cara ini memudahkan semua orang untuk menggunakan program tersebut, ada berbagai
pelatihan yang bagus dan orang-orang baru sebaiknya mengenal program- program
tersebut juga.

2. Dokumentasikan dan Gambarkan Semua Tugas di Dalam Sebuah Manual Panduan
Apa yang perlu diselesaikan, kapan perlu diselesaikan, siapa yang harus
melakukannya, apa standarnya dan bagaimana mengukur hasilnya.

3. Buat Jadwal dan Lakukan Perawatan Teratur pada Semua Pelanggan
Daripada menunggu hingga mesin-mesin Anda rusak, servislah disaat kebutuhan
masih rendah.

4. Upgrade Perlengkapan Kantor Secara Teratur
Jika hal ini akan mendukung produktivitas, maka anda akan menghemat dan bukannya
mengeluarkan biaya.

5. Buat Manual Untuk Berbagai Kebijakan dan Prosedur
Apabila semua dituliskan, maka penduplikasikan adalah sebuah langkah yang mudah,
dan Anda akan bergantung pada sistem bukan orang.

6. Lakukan Otomisasi dan Upgrade Mesin-mesin
Jika hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih baik dan cepat, maka
kemungkinan ini akan jadi lebih murah dan dapat lebih diandalkan untuk jangka
panjang.

7. Dokumentasikan dan Petakan Semua Proses Alur Kerja
Anda harus tahu, apa mengikuti apa, dan kemana semua seharusnya pergi
selanjutnya, dengan begini akan menjadi mudah untuk menulis panduan "How to.."

8. Jalankan Sistem Backup Komputer
Hemat segudang waktu apabila sesuatu yang buruk terjadi dengan komputer-komputer
anda.

9. Gunakan Daftar Nama dan Jadwal untuk Tugas-tugas Repetitif.
Fokus pada penyelesaian tugas rutin dengan lancar dan setelah itu Anda dapat
fokus dengan pelanggan.

10. Dokumentasikan Semua Sistem Akutansi
Lebih baik memiliki sebuah sistem dengan seseorang yang tidak ahli dibandingkan
memiliki seseorang yang ahli, namun bisa pergi kapan saja.


11. Buat Pelatihan Sistem dan Program Kerja Induksi
Melatih cara menggunakan sistem yang baik memakan waktu sekitar sepersepuluh
waktu yang diperlukan untuk mengajar orang melakukan suatu pekerjaan


12. Laksanakan dan Perbaharui Kontrol/Jaminan Kualitas Secara Teratur
Setidaknya sekarang Anda telah menuliskan semuanya diatas kertas, sekarang
tinggal masalah menjalankannya.

13. Jalankan email Internal dan External
Selama orang-orang tidak menjadi gila, hal ini akan menghemat banyak waktu dan
tenaga

14. Jalankan Sistem Kontrol Stok yang Terkomputerisasi.
Jangan biarkan begitu saja, dengan 1 komputer anda bisa melakukan pekerjaan yang
biasanya dilakukan oleh 5 atau 6 orang

15. Koneksikan Semua Komputer Untuk Memudahkan Akses
File sharing, printer sharing, dan menjalankan sebuah sistem yang terkoneksi
artinya anda cukup melakukan perubahan sekali

16. Dokumentasikan Semua Sistem Penjualan dan Pemasaran
Jika sistem itu bekerja, maka sistem tersebut addalah sebuah sistem yang ingin
anda gunakan hingga seterusnya.

17. Gunakan Komputer Untuk Penagihan dan Pemantauan Kredit
Hematlah waktu dan uang anda, pastikan semuanya dilakukan secara konsisten


18.  Selesaikan Upgrade Berbagai Sistem Telephon dan Fax
Teknologi menghemat waktu kita begitu banyak, bila kita menggunakannya dengan
baik

19. Dokumentasikan Proses Alur Kerja Informasi
Selama informasi sudah ada diatas kertas, biasanya informasi tersebut harus
pergi ke suatu tempat dan seseorang perlu  melakukan sesuatu terhadapnya.
Tuliskan kemana setiap lembar kertas harus pergi, maka setiap orang dapat
mengurusnya.

20. Gunakan Program Database Komputer yang Didesain Untuk Suatu Tujuan
Kelola pelanggan anda, pola beli mereka dan bisnis anda melalui komputer anda
  Shorten with adf.ly!
   Teguh Wibawanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar