Kamis, 28 Agustus 2014

Ini Tandanya Anda Mampu Menjalani Profesi Sebagai Wirausaha

Sebelum Anda terjun ke dunia bisnis dan mewujudkan rencana bisnis Anda, ada pertanyaan penting yang harus Anda jawab, siapkah Anda menjalani kehidupan seorang wirausahawan? Untuk mengetahuinya, cek dulu tanda berikut ini, 
1. Selalu ada di pikiran Anda
Dari saat Anda bangun tidur hingga malam hari, pikiran mengenai kesempatan berbisnis sepertinya selalu ada di kepala Anda. Otak Anda pun seperti berputar untuk memikirkan ide produk, strategi pemasaran, dan apa saja yang akan Anda persiapkan saat berwirausaha.
Terus memikirkan soal bisnis memang tidak lantas membuat Anda jadi wirausahawan hebat, karena Anda masih perlu mewujudkan apa yang Anda di pikiran Anda.
Tapi setidaknya pikiran-pikiran seperti itu menunjukkan arah minat Anda, bahkan ketika semua orang menganggap remeh ide Anda. Seorang wirausahawan sukses akan memerlukan waktu yang panjang sebelum akhirnya mendapat pujian akan hasil karyanya.
2. Tekad Anda sudah bulat
Motivasi merupakan hal penting yang harus Anda miliki saat ingin menjadi seorang wirausahawan. Tapi untuk bisa menjalani gaya hidup seorang wirausahawan, Anda harus memiliki tekad yang bulat.
Ketika rencana tidak berjalan sesuai keinginan, apa yang akan Anda lakukan? Wirausahawan sukses tidak akan meratapi kegagalan. Sebaliknya mereka akan mencoba memperbaiki, mencari solusi, dan belajar darinya.
Bukan berarti wirausahawan tidak boleh merasakan stres, hanya saja mereka biasanya tahu cara menyelesaikan masalah dan mengatur stres dengan cara efektif.
Banyak orang yang memiliki ide-ide bagus cenderung menyerah begitu mereka menemui satu halangan atau mengalami satu kegagalan.
3. Anda menganggap kritik sebagai motivasi
Saat terjun ke dunia bisnis, Anda akan menemui banyak pesaing. Bukan itu saja, akan banyak pula orang yang hanya memandangi Anda dari sisi jalan dan memberikan kritik pedas.
Sanggupkah Anda menerima kritikan Anda, lalu mengubahnya menjadi sebentuk motivasi?
Wirausahawan yang meraih kesuksesan pasti pernah mengalami ini. Kritikan pedas dari orang-orang yang meremehkannya hanya akan memecut motivasi dirinya.
Orang yang memiliki tekad penuh untuk meluncurkan sebuah bisnis tidak akan terpengaruhi oleh komentar negatif orang lain. Hal inilah yang perlu Anda ingat jika ingin memulai bisnis sendiri. (bn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar