Senin, 05 Mei 2014

Kondotel dan Peluang Investasinya

RumahCom – Kondotel adalah singkatan dari kondominium-hotel atau kondominium yang disewakan laiknya hotel. Akan tetapi ada beberapa perbedaan di antara keduanya: kondotel didesain seperti apartemen yang dilengkapi pantry, sehingga lebih diminati oleh pangsa pasar keluarga (family), bukan perorangan.

Di sisi lain, kepemilikan kondotel sama dengan kondominium, yakni hak guna bangunan (HGB) strata title. Kendati demikian, unit harus ‘diserahkan’ kepada operator hotel untuk disewakan.

Sebagai gimmick, biasanya pengembang menawarkan garansi return on investment (RoI) selama beberapa tahun pertama. Setelah itu, pembeli atau investor kondotel mendapat revenue sharing dari hasil penyewaan unit.

Tak hanya itu, pemilik juga mendapat fasilitas free stay di kondotel tersebut selama beberapa minggu setiap tahun. Melihat beberapa kelebihannya, kondotel dinilai sebagai alat investasi properti yang baik.

Sebelum berinvestasi kondotel, ada empat hal yang perlu diperhatikan:
(1) Kondotel dibangun oleh pengembang dengan kredibilitas terpercaya, sehingga ada jaminan bahwa proyek bisa diselesaikan tepat waktu.
(2) Pengembang bekerjasama dengan operator hotel berpengalaman.
(3) Proyek berada di kawasan strategis, terutama di kawasan wisata.
(4) Memiliki konsep yang unik dan berbeda dengan hotel lain.

Anto Erawanantoerawan@rumah.com
atmpro.co.nf