Kamis, 01 Mei 2014

7 Rahasia Pengusaha yang Sukses Jadi Miliarder Dunia



Liputan6.com, Jakarta 
Hampir semua pengusaha berpeluang menjadi miliarder dunia dengan keuntungan bisnis berlimpah. Jangan salah, kepribadian seorang pengusaha juga sangat menentukan kemampuan dirinya untuk menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.
Mengutip laporan penelitian lembaga riset ternama di Inggris, Centre for Policy Studies (CPS) yang diperoleh Liputan6.com, Selasa (29/4/2014), hanya para pengusaha dengan tingkat kepemimpinan, kreativitas, optimisme, kualitas dan ketahanan tinggi yang mampu bertahan dari sejumlah terpaan bisnis.
Tak hanya itu, para pengusaha juga dituntut untuk berani menghadapi kegagalan dan kemampuan bersosialisasi yang bagus.
Dari survei CPS pada 1.000 pengusaha yang sukses menembus jajaran miliarder terkaya di dunia, terdapat sejumlah pelajaran yang direguk para pebisnis sebelum mencapai puncak kesuksesannya.
Para pengusaha tersebut hanya mengandalkan bisnis yang didirikan dengan tangannya sendiri untuk menjadi miliarder seperti sekarang tanpa warisan dari orangtua.
Hasilnya, berikut tujuh rahasia yang diungkap 1.000 pengusaha yang telah menjadi miliarder dunia saat ini:

1. Menjadi pengusaha merupakan hal yang sulit, keras dan berisiko. Anda akan selalu berpeluang gagal setiap kali menciptakan inovasi baru.
2. Pengusaha handal memerlukan wawasan dan pengetahuan yang memadai. Tak heran, Larry Page dan Sergey Brin mampu menciptakan Google melalui berbagai riset akademis berhasil menjelajahi dan mendobrak sistem pencarian di internet.
3. Berbisnis dan menjalani usaha pribadi sama seperti bermain angka. Jika Anda hanya memulainya dengan satu perusahaan dan menjajal satu gagasan bisnis saja, kegagalan akan sangat mudah menimpa Anda.
Tapi bagi Anda yang mampu mengembangkan berbagai ide baru dalam jangka panjang akan belajar dari kegagalan dan menemukan keberhasilan di akhir petualangan bisnisnya.
4. Selalu berusaha mengembangkan ide bisnis serta mendorongnya dengan sejumlah infrastruktur dapat membuat Anda lebih cepat sukses. Saat memperoleh ide bisnis yang hebat, carilah modal usaha yang akan memudahkan terwujudnya kesuksesan dari gagasan tersebut.
5. Memperhatikan, mengamati dan mengalisa industri yang tengah diminati masyarakat merupakan salah satu cara yang bisa membuat pengusaha menjadi miliarder seperti sekarang. Berbagai gagasan bisnis dapat sukses dan berkembang cepat jika Anda memahami industrinya dengan baik.
6. Pengalaman dalam menjalankan bisnis tidak bisa dianggap enteng jika Anda ingin menjadi miliarder. Tengok saja bagaimana Steve Jobs bekerja dan mengabdi di Atari sebelum akhirnya mendirikan Apple. Begitu pula dengan pendiri Microsoft, Paul Allen yang juga telah meraup banyak pengalaman saat bekerja untuk Honeywell.
7. Penelitian terhadap situasi bisnis terbaru juga menjadi salah satu rahasia sukses para miliarder. Para pengusaha harus senantiasa mencari cara untuk mengembangkan bisnisnya dengan meneliti terlebih dulu industri yang akan dijelajahinya.
(Nurseffi Dwi Wahyuni)