Jumat, 09 Mei 2014

Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN)

Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN)

_________________
Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) atau sering disebut LC local, adalah instrument yang diterbitkan oleh bank (Issuing Bank), atas permintaan Applicant yang berisi janji bank untuk membayar sejumlah uang kepada Beneficiary apabila Issuing Bank menerima dokumen yang sesuai dengan syarat SKBDN.

SKBDN Terbit


Penerbitan SKBDN melalui Bank dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang disediakan. Sekarang ada cara yang lebih cepat dalam menerbitkan SKBDN yaitu dengan menggunakan dana Anda, baik berupa dana tunai,/blokir rekening/blokir deposito, sebagai Setoran Jaminan.
SKBDN yang diterbitkan akan diterima oleh counter party maupun bank counter party Anda.
Manfaat

- Memeriksa bahwa persyaratan dokumen yang tercantum dalam SKBDN terpenuhi.
- Melindungi proses settlement transaksi Anda.
- Meningkatkan bonafiditas Anda karena SKBDN yang Anda pergunakan diterbitkan oleh Bank bertaraf internasional.


____________________
SKBDN Terima

Pada transaksi perdagangan dengan SKBDN, terdapat tenggang waktu antara presentasi dokumen dengan penerimaan pembayaran dari Issuing Bank.
Bill Purchasing memungkinkan Anda memperoleh pembayaran segera setelah presentasi dokumen sehingga akan meningkatkan efisiensi Cash Flow Anda.

Bill Purchasing adalah pengambilalihan dokumen atau draft atas dasar SKBDN yang harus dibayar oleh Issuing Bank. Bill Purchasing ini dapat dilakukan baik untuk SKBDN yang bersifat Sight (Atas Unjuk) maupun Usance (Berjangka) dengan hak regres (with recourse). Sebelum melakukan Bill Purchasing, pihak bank akan memberikan Anda limit yang disebut Trade Line. Pihak bank dapat mengkredit rekening Anda pada hari yang sama dengan presentasi dokumen, apabila dokumen lengkap terima oleh pihak bank sebelum pk. 12.00 WIB.

_____________________
Manfaat

- Membantu pengembangan usaha Anda karena proceeds yang Anda peroleh dapat segera Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis Anda.
- Meningkatkan daya saing Anda dimata counter party dengan menawarkan penundaan pembayaran tanpa mengganggu Cash Flow Anda.
- Memitigasi kemungkinan un-paid dari Issuing Bank karena adanya discrepancy, dengan layanan Document Preparation pihak bank.

________________
NOTE : itulah mengapa pihak owner membutuhkan SKBDN sejumlah yang ditetapkan dalam transaksi, yaitu agar pemilik property bisa memastikan bahwa pihak calon pembeli mampu membeli dan transaksi berjalan aman ,begitu juga sebaliknya,
setelah kedua belah pihak mendapatkan kepastian transaksi yang jelas dari npihak bank ,maka tugas para perantara selesai,tinggal menunggu hasil

to : mediator calon pembeli , datanglah bersama notaris anda beserta SKBDN dengan nominal yg sudah ditetapkan dan LOI ^^



 Artikel terkait :
  - Hotel dijual di Bandung
  - Istilah Ini Wajib Tahu Kalau Mau Berbisnis di Bidang Property