Sabtu, 18 Mei 2013

Humor menjadi Kunci Sukses


Hey,
Found a great article, monggo di baca dan di implementasikan.
Humor tidak hanya diklaim sebagai faktor hidup sehat. Humor juga diklaim menjadi
salah satu kunci sukses di tempat kerja. Michael Kerr, seorang pembicara bisnis
kelas internasional dan pengarang buku “Humor Advantage: Why Some Businesses are
Laughing all the Way to the Bank” (2013) mengatakan banyak tipe humor yang bisa
dimanfaatkan untuk membangun suasana kerja yang kondusif. Namun, humor juga
harus ditempatkan dalam kondisi yang pas agar tidak kontraproduktif.
Berikut adalah alasan-alasan mengapa humor bisa menjadi salah satu kunci sukses
di tempat kerja:
1. Orang-orang akan senang bekerja dengan Anda
Humor segar dan kontekstual bisa menjadikan Anda mudah bergaul dengan siapa
saja. Humor yang pas membuat Anda disenangi oleh rekan-rekan sekerja mengingat
humor Anda bisa menghidupkan suasana dan tentunya membuat semangat kerja
bertambah. Tentunya, humor di sini bukan humor yang mengandung ejekan dan
olok-olok yang sifatnya merendahkan. Kalau hal ini yang terjadi, justru akan
kontraproduktif.
2. Mampu meredakan stres
Humor mampu meredakan stres dan kepenatan selama bekerja. Dengan humor, situasi
kerja yang tadinya beku, tegang, dan berat bisa menjadi lebih ringan, hidup, dan
orang-orang bisa melakukan relaksasi untuk mendapatkan energi kembali.
3. Humor itu memanusiakan manusia
Humor di tempat kerja menjadikan seluruh penghuni ruang kerja memiliki hubungan
horisontal. Orang dari level bawahan sampai atasan bisa tertawa bersama. Suasana
egaliter di tempat kerja pun bisa dibangun dengan humor tersebut.
4. Humor membuat suasana jadi nyaman
Suasana kerja tak jarang jatuh pada ketidaknyamana. Relasi antarkaryawan,
karyawan dengan manajernya, sering mengalami kebekuan dan terlihat dingin. Humor
bisa memecah kebekuan itu menjadi suasana nyaman bagi siapa saja. Humor menjadi
alat untuk menghilangkan ketegangan kerja. Bahkan, humor bisa menjadi pintu
masuk bagi penyelesaian konflik di tempat kerja.
5. Humor jadi bahan utama berpikir kreatif
Ha ha + = Aha! Demikian humor sering menjadi media untuk pemikiran kreatif.
Humor membantu orang untuk bermain dengan ide-ide segar yang sering out of the
box. Humor dan kreativitas adalah dua hal yang sangat dekat.
6. Humor membangun kepercayaan
Humor membantu orang dalam membangun kepercayaan orang lain. Kenapa? Karena
humor bisa menjadikan orang bersikap otentik terhadap hidup. Humor pun bisa
membuat orang mampu bersikap apa adanya. Apalagi budaya kerja tak jarang membuat
orang tidak berani menjadi diri sendiri. Nah, humor bisa memecah
ketidakotentikan tersebut.
7. Humor meningkatkan semangat kerja
Humor mampu meningkatkan semangat kerja. Bahkan, pada taraf tertentu, humor
mampu mengurangi angka turn-over karyawan di perusahaan. Dengan humor, suasana
kerja menjadi nyaman. Dengan nyaman, orang pun bersemangat untuk bekerja. Semua
orang tentunya ingin tempat kerja yang menyenangkan, teman-teman kerja yang
bersahabat, dan sebagainya. Humor menjadi media untuk membangun suasana
tersebut.
8. Humor membuat orang gampang bersahabat
Humor menjadikan orang mudah didekati orang lain. Orang merasa nyaman dan senang
bergaul dengannya. Orang melihat orang yang suka berhumor sebagai orang yang
jujur dan bisa dipercaya. Karena inilah, ia dengan gampang dijadikan sahabat
olerarang.
9. Humor bisa membuat perusahaan menonjol dan bertahan
Humor bisa membuat perusahaan menonjol karena humor membuat perusahaan bisa
melayani pelanggan dengan kreatif. Energi positif dari humor membuat servis
kepada pelanggan juga menyenangkan. Humor juga membuat layanan menjadi efektif.
10. Humor mampu mendongkrak produktivitas
Dengan sembilan alasan di atas, humor akhirnya mampu membangun kinerja yang
produktif. Produktivitas bisa meningkat dengan humor. Ide-ide kreatif
bermunculan karena suasana kerja yang segar oleh humor-humor.
Referensi: Jacquelyn Smith, 10 Reasons Why Humor is A Key to Succes at Work
(Forbes: 2013)

Shorten with adf.ly!
Best Regards
Emir Zakiar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar