Berikut ini adalah apa saja yang musti Anda miliki untuk memastikan karir penjualan Anda Sukses dan Mendapat Reward :
Kredibilitas
Ini adalah kemampuan secara konsisten bahwa Anda bersedia untuk
mendengar, bergairah untuk sesuatu yang lebih dan berkomitmen dengan
produk Anda.
Kredibilitas berbicara tentang masa lalu Anda, bagaimana perusahaan
Anda membangun, kesesuaian spesifikasi bangunan yang Anda gunakan,
ketepatan waktu pembangunan. Tidak berhenti pada hal membangun saja,
tapi bagaimana Anda mengelola keuangan, membina hubungan dengan bank,
dan ujungnya adalah kepuasan klien Anda.
Knowledge
Pengetahuan adalah salah satunya. Anda harus mampu menjawab dengan tepat
dan akurat tentang industri, perusahaan, produk, kekuatan dan kelemahan
pesaing Anda.
Bisa Anda bayangkan Anda tiba-tiba nyebur dalam dunia properti, tapi
Anda tidak paham dengan industri ini, juga tidak paham dengan perusahaan
dimana Anda bernaung. Parah lagi tidak tahu tentang properti Anda. Ke
laut aja.
Tetapi berikut ini bisa membantu Anda sebagai penjual jika Anda tidak
mengetahuinya banyak. Anda dapat menunjukkan sikap peduli dengan
memahami kebutuhan klien. Selalu menyampaikan hal-hal yang up to date
tentang banyak hal yang berhubungan dengan klien Anda. Berikan
artikel-artikel agar klien Anda lebih banyak mengetahui.
Kecepatan
Lakukan semua hal dengan cepat, pasti Anda akan menang. Dengan
komunikasi yang mampu menyampaikan informasi dalam hitungan seperseribu
detik, tidak ada alasan Anda untuk tidak cepat mengambil keputusan.
Anda sebagai marketing properti kadang dibekali diskon yang terbatas.
Pada saat klien potensial menawar tambahan diskon, Anda musti
menyampaikan kepada sang Penyelia-nya. It takes time right? Kalau
penyelia Anda ada di satu tempat dengan Anda, itu tidak menjadi masalah,
bagaimana jika penyelia sedang cuti? Prinsipnya lakukan dengan cepat!
Reabilitas / Handal
Seseorang yang profesional selalu memenuhi setiap komitmen dan
menyampaikan kepada klien sebelum deadline apabila tidak dapat
memenuhinya.
Anda harus sigap dan tangguh menghadapi situasi apapun. Badai krisis
ekonomi pasti akan berdampak pada dunia properti. Bila Anda mampu
bertahan dan tetap mampu melakukan penjualan, Anda handal!
Sikap
Selalu berpikir positif. Melihat gelas berisi separuh penuh dan bikan
separuh kosong. Orang yang berpikir positif akan seperti magnit yang
menarik orang untuk positif. Pemikiran yang baik akan membuat Anda
merasakan baik dan Anda akan melaksanakan dengan baik.
Ehm, saya sarankan baca Buku The Secret atau tonton filmnya. Bisa
juga Anda membaca The Power Of Positive Feeling. Buku-buku tersebut
berbicara tentang bagaimana berpikir positif. Ini penting untuk semua
bisnis.
Empati
Tunjukkan bahwa Anda peduli. Gunakan 80% waktu untuk mendengar dan
berbicara untuk sisanya. Apakah mutlak 80:20 ? Sebenarnya tidak. Lebih
dipentingkan di sini adalah kapan mendengar kapan berbicara sehingga
Anda mampu menunjukkan empati Anda.
Apabila lokasi properti Anda istimewa, kadang Anda tidak perlu banyak
bicara (baca juga sebagai promosi), klien pasti akan datang tanpa
komando.
Memanusiakan manusia
Pahami klien Anda sebagai manusia. Perlakukan mereka selayaknya teman.
Rangkul mereka selayaknya sahabat. Sandarkan hubungan dengan mereka ke
arah hubungan informal yang berdasar kepada saling membantu dan saling
percaya.
Sebuah lokasi perumahan di Jogja, kami kelola dengan menyandarkan
hubungan secara informal. Legal perjanjian di atas kertas – meskipun ada
– seolah-olah hanya sebagai formalitas saja. Ternyata sikap
kekeluargaan tersebut semakin hari semakin meningkat di antara
klien-klien kami. Mereka berbaur dan saling bahu membahu
menyelenggarakan Ramadhan di Masjid yang kami bangun tepat di
tengah-tengah lokasi.
Tidak hanya itu, mereka berinisiatif membangun jaringan internet di
kawasan tersebut dengan swadaya sehingga rapat RT pun bisa dilakukan
dengan chating.
Satu hal yang belum saya temukan di lokasi perumahan lainnya.
Layanan tak Terduga
Kejutkan klien Anda dengan kepedulian dan layanan yang tidak terduga
sebelumnya. Berikan kepada mereka layanan di luar dari kebiasaan. Dan
mereka akan menyampaikan kepada klien potensial lainnya tentang
pelayanan yang luar biasa dari Anda.
Salah satu bentuk layanan tak terduga adalah pemberian souvenir entah
berupa buku atau CD berisikan materi promosi yang dengan mudah klien
Anda buka dan memutarnya. Saya yakin klien Anda akan surprised.
Profesionalisme
Menjadi ramah tidak bertentangan dengan profesionalisme. Selalu menepati
janji, komunikasi dan pengambilan keputusan yang cepat, menghindari
terlibat dalam organisasi politik klien dan menghindari hal-hal yang
bersifat SARA.
Tunjukkan kepedulian
Sampaikan berita baik segera akan membuat ekspektasi klien Anda
meningkat. Pun sampaikan berita buruk segera sebelum klien Anda
menghubungi Anda.
Disadur bebas dari The Instant Sales Pro—More Than 600 Tips and
Techniques to Accelerate Your Sales Success, Cy Charney dan
diimprovisasi
Shorten with adf.ly!
http://aryodiponegoro.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar